Home » , , , , » Widget Yang Harus Di Blog Anda

Widget Yang Harus Di Blog Anda

Written By Rio Gonzales on Friday, December 14, 2012 | Friday, December 14, 2012

Widget Yang Harus Di Blog Anda
Hampir setiap blog yang kamu kunjungi pasti mempunyai widget yang diletakkan di sidebar kanan maupun di sidebar kiri. Sidebar adalah hal yang sangat penting di dalam blog. Hal ini disebabkan karena selain fokus membaca isi blog kamu, pengunjung blog kamu pasti juga akan fokus untuk melihat sidebar dari blog kamu. Bukankah seperti itu kenyataannya?

Bukankah tujuan kamu adalah membuat pengunjung blog kamu membaca setiap postingan yang telah kamu buat? Untuk memudahkan pengunjung blog kamu menyelami setiap isi dari blogmu maka kamu harus memasang beberapa widget pada sidebar kamu. Pada postingan kali ini, saya akan mendiskusikan mengenai widget apa saja yang harus ada pada blog anda.

Widget Apa Saja Yang Harus Ada?


1. Search Box - Bila kita artikan dalam bahasa Indonesia artinya kotak pencarian. Search box akan membantu pengunjung blog anda untuk menemukan tulisan yang mereka inginkan dengan hanya memasukkan kata kunci yang relevan. Search box ini harus kamu letakkan di tempat yang mudah dilihat oleh pengunjung blog kamu. Misalkan saja kamu letakkan pada sidebar paling atas, atau mungkin juga bisa kamu letakkan pada header blog kamu. Seperti yang ada di blog ini.

2. Subscription Widget - Ini adalah widget yang juga harus ada pada blog atau website. Tujuannya untuk apa? Agar pembaca blog kamu tidak kesulitan untuk mendapatkan update postingan blog kamu melalui email. Jadi mereka tinggal membuka email mereka saja. Jika kamu mempunyai banyak pelanggan melalui email, itu berarti kamu memiliki pembaca setia pada blog kamu.

3. Recent Post - Postingan terbaru. Terkadang orang malas untuk scrolling isi blog kamu sampai ke bawah. Hal ini juga akan membantu pengunjung blog kamu yang tidak mau repot untuk membuka beranda blog kamu. Widget ini paling efektif kamu letakkan di bawah Subscribtion widget.

4. Popular Post - Postingan paling populer. Menunjukkan kepadamu postingan yang paling populer atau paling banyak dikunjungi. Jadi tidak hanya pembaca setia blog kamu yang mengetahui artikel populer di blog kamu, namun juga pengunjung baru juga akan tertarik untuk membaca artikel populer yang ada pada blog kamu. Jadi akan lebih mendapatkan page views yang besar.

5. Recent Comment - Widget ini akan menampilkan komentar terakhir yang di tinggalkan oleh pengunjung di blog anda pada suatu postingan. Widget ini akan bisa membantu untuk mengundang pengunjung lain untuk ikut dalam percakapan di dalam blog kamu.

6. Kategori/Arsip - Antara kategori dan arsip ini merupakan dua widget yang berbeda. Kamu bisa memasang widget kategori jika blog kamu mempunyai beberapa niche/topik, dan kamu bisa memasang widget arsip jika blog kamu mempunyai niche/topik tertentu. Ini merupakan cara yang bagus agar pengunjung blog kamu bisa membaca postingan-postingan kamu yang lama.

7. Statistik Blog - Widget ini merupakan widget yang menunjukkan seberapa populer blog anda. Jadi kamu bisa memasang widget alexa rank ataupun sitemeter. Dan jika anda menggunakan blogger, anda bisa menggunakan widget statistik yang telah disediakan oleh blogger.

Widget Opsional :

Facebook Like Box - Jika blog/website kamu mempunyai facebook page, letakkan widget facebook like box di sidebar blog kamu. Ini akan memudahkan pembaca blog kamu untukmengakses update blog kamu melalui twitter.

Twitter Conversation Box - Widget ini akan memberikanmu kemudahan untuk nge-tweet, membalas tweet, atau sekedar retweet.

Catatan : Semua widget di atas tidak harus semua kamu pasang pada blog kamu, namun yang telah saya tulis di atas setidaknya bisa kamu gunakan untuk bahan pertimbangan dalam mendesign blog kamu. Dan terakhir, jika kamu mempunyai pendapat lain, silahkan tinggalkan komentar di bawah, mungkin bisa digunakan untuk referensi oleh blogger lainnya.
 
 sumber:http://www.cofeemix.com

0 komentar:

Post a Comment