Home » , , , , » Cara Memilih Template Blog

Cara Memilih Template Blog

Written By Rio Gonzales on Saturday, December 8, 2012 | Saturday, December 08, 2012


Dulu saat baru pertama kali belajar membuat blog saya tidak memikirkan penting atau tidaknya sebuah template untuk blog, namun saat ini setelah sekian tahun bergelut dengan dunia blogging, ternyata pemilihan template merupakan salah satu faktor penting agar blog kita bisa menjadi blog yang populer di search engine, blog yang disukai pengguna internet dan merasa betah berlama-lama di blog kita.

Untuk menjadikan blog agar mudah ditemukan di search engine juga hal yang sangat penting dan salah satu syaratnya adalah memilih template yang SEO (search engine optimation) friendly. Blog yang SEO friendly mempermudah mesin pencari untuk mengindex halaman blog kita. Blog Belajar Komputer Ini sendiri merupakan blog pertama saya yang templatenya bukan SEO friendly, meski demikian saya masih mempertahankan template ini karena merupakan hasil karya pertama saya saat mengenal dunia blogging.

Tips Memilih Template Blog

Untuk memilih template untuk blog kamu, sebaiknya gunakan template yang tidak hanya berpenampilan menarik tetapi juga harus yang SEO friendly. Berikut ini adalah cara untuk memilih template yang benar.

1. Skema blog harus yang SEO friendly, yaitu kata para pakar SEO bahwa format skema blog yang baik adalah Judul, Main Blog, Sidebar baru kemudian Footer. Contoh skema blog yang baik dapat dilihat pada format berikut.


Judul
Main Blog
Sidebar
Footer


2. Template Tidak Terlalu Banyak Image

Sebuah weblog yang baik adalah weblog yang mudah dibuka, ringan diload sehingga setiap pengunjung yang membuka blog kita tidak merasa lambat. Agar blog mudah dibuka dan ringan saat loading, sebaiknya mengurangi template yang menggunakan gambar. Anda tidak mau bukan kalau blog anda ditinggal pergi gara-gara lama menunggu loading halaman blog.

3. Heading Tag Terstruktur

Template yang baik dan SEO friendly adalah template yang memilih struktur heading tag yang benar dan terurut yaitu dari H1, H2 dan H3.

4. Memiliki Navigasi

Sebuah weblog dibuat dengan harapan agar pengguna internet bisa dengan mudah untuk menemukan blog, namun harus direncanakan juga agar pengunjung tidak hanya melihat satu halaman blog saja tetapi bisa mengunjungi halaman blog yang lain yaitu dengan memilih template yang bernavigasi agar mudah mengarahkan pengunjung untuk menemukan artikel terkait lainnya.


Empat tips memilih template di atas sangat penting diperhatikan apabila anda sedang membuat blog dan sedang mencari template yang tepat untuk weblog anda. Pilihlah yang sesuai dengan selera tetapi jangan lupa untuk memperhatikan hal penting di atas agar blog mudah diindeks di mesin pencari seperti google, bing dan yahoo.

0 komentar:

Post a Comment