Home » , , » Hajatan Adalah Alat Pemersatu Bangsa

Hajatan Adalah Alat Pemersatu Bangsa

Written By Rio Gonzales on Friday, December 7, 2012 | Friday, December 07, 2012

Pasti kita sudah tidak asing mendengar kata Hajatan yang jamak kita jumpai dalam berbagai waktu & kesempatan, karena Hajatan sangat identik dengan suasana ramai & penuh gotong royong antara sesama manusia baik itu berbeda suku,adat bahkan ras kulit. Seakan semua tumpah menjadi satu, dalam acara nan sakral & hikmat bagi semua manusia.

Dibalik kemeriahan Hajatan, banyak tersimpan adat leluhur yang masih dijunjung tinggi oleh masyarakat kita sejak dahulu kala hingga saat ini. Yaitu diantaranya, sifat gotong royong atau saling membantu satu sama lain antara pihak yang mempunyai hajat dengan tetangga sekeliling lingkungannya.Tak ada namanya lagi permusuhan, dendam, perselisihan yang timbul yang ada hanya satu tujuan & satu keyakinan yaitu membantu kesukseskan acara Hajatan tesebut hingga selesai.
Inilah salah satu alat pemersatu bangsa & sebagai penyambung tali silahturahmi yang tetap terjaga, yang tanpa kita sadari bisa terbentuk karena adanya sifat toleransi antara sesama umat manusia tanpa pemikirkan perbedaan yang ada. Banyak cara & upaya, dalam membantu acara Hajatan baik itu secara tenaga & sumbangan materi atau bahan konsumsi yang bisa dipakai. Inilah yang membuat, negara kita paling istimewa dari negara diseluruh dunia yang masih mengedepankan norma & toleransi dibanding sifat individualisme demi kepentingan peorangan.


Kesimpulan : Hajatan memberi kita pelajaran, yang tidak diberikan atau dipelajari dibangku sekolah tentang sebuah pentingnya arti dari kebersamaan & kekeluargaan yang tidak bisa dijelaskan dalam rumus matematika. Karena tidak ada yang bisa mengukur seberapa banyak & seberapa tulus kita dalam membantu sesama yang membutuhkan, karena ketulusan tidak untuk dijual melainkan untuk dipraketkan.

0 komentar:

Post a Comment