Home » , , , , , , , , » Download Buku Teknik Budidaya Tanaman untuk SMK

Download Buku Teknik Budidaya Tanaman untuk SMK

Written By rio on Monday, December 3, 2012 | Monday, December 03, 2012

Buku Teknik Budidaya Tanaman Jilid 1, 2, dan 3 yang ditulis oleh Chairani Hanum ini disusun berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi. Buku ini berisikan materi pokok teknik budidaya tanaman dengan metode penyajiannya sesuai dengan indikator hasil belajar pada sekolah menengah kejuruan.
Isi buku Teknik Budidaya Tanaman Jilid 1, 2, dan 3 ini dibagi atas 4 (empat ) bagian, yang masing-masing bagian terdiri dari beberapa bab. Bagian I terdiri dari 3 bab yaitu bab Pendahuluan, Pertumbuhan dan Perkembangan (Bab II), serta Fotosintesis dan Respirasi (Bab III). Bagian satu dari buku ini mencoba membahas awal dari kehidupan dan proses dasar metabolisme tanaman.
Sedangkan bagian dua mencoba mengulas sumber hara dan air bagi tanaman bagaimana mereka memperoleh kedua sumberdaya alam ini, mentranslokasikannya serta menggunakan untuk kelangsungan hidupnya.
Bagian tiga dari buku Teknik Budidaya Tanaman Jilid 1, 2, dan 3 ini mencoba memaparkan syarat tumbuh masing masing kelompok tanaman yaitu tanaman hortikultura, tanaman pangan dan tanaman perkebunan. Bagian ini berisi ulasan bagaimana pedoman teknis budidaya masing-masing kelompok tanaman. Walaupun tidak seluruh tanaman di muat teknik budidayanya dalam buku ini setidaknya ketiga bab ini dapat mewakili untuk menuju sistem pertanian yang berkelanjutan, dengan menghasilkan produk unggulan secara kualitas dan kuantitas.

Akhir dari buku Teknik Budidaya Tanaman Jilid 1, 2, dan 3 ini mencoba teknik budidaya alternatif dengan menggunakan media tanam bukan tanah, sistem ini akan memberikan pilihan utama pada peningkatan mutu bahan pangan yang dihasilkan tanpa harus bergantung pada media tanam tanah semata. Pertanian organik yang digalakkan akhir-akhir ini merupakan solusi untuk memecahkan masalah peningkatan produksi pertanian disatu sisi dan pencemaran lingkungan disisi lainnya.
Buku Teknik Budidaya Tanaman Jilid 1, 2, dan 3 ini dirancang agar peserta didik yang membacanya dapat belajar sendiri tidak harus bergantung pada tatap muka di depan kelas. Pada awal setiap bab dimuat pendahuluan untuk dapat lebih memudahkan pemahaman terhadap isi dari bab tersebut.Ilustrasi dan gambar yang digunakan dalam buku Teknik Budidaya Tanaman Jilid 1, 2, dan 3 ini juga diharapkan dapat membantu siswa mempelajari dan mempraktekkan secara baik dan benar.

1 komentar: