Lokasi: Sogn og Fjordane, Norwegia
Latar Belakang: Sekitar 5.000 ledakan berbeda dilakukan selama fase konstruksi Terowongan Laerdal, yang membentang di bawah pegunungan Norwegia dan fjord sepanjang 15 mil, dan ini merupakan terowongan yang dibangun dengan waktu terlama di dunia.
Mengapa Unik : Berkendara melalui terowongan selama 20 menit bisa sangat monoton, sehingga tim psikolog dan insinyur terfokus pada bagaimana mempertahankan konsentrasi pengemudi. "Reaksi psikologis seseorang di dalam terowongan sangat penting ... hal itu membuat perbedaan antara orang-orang menerima fasilitas atau hanya sekadar menghindari hal itu," kata Youssef Hashash, profesor Teknik Sipil dan Lingkungan di University of Illinois, yang telah bekerja 10 proyek terowongan yang berbeda. "Mengingat panjangnya terowongan ini, Anda memerlukan lingkungan yang dirancang dengan hati-hati dan sistem pencahayaan yang baik." Beberapa solusi yang digunakan dalam terowongan Laerdal termasuk lampu biru terang dan tikungan tikungan halus yang terus membuat driver konsentrasi. Paling penting adalah kenyataan bahwa terowongan ini dibagi menjadi beberapa bagian yang berbeda, bisa mengistirahatkan pengemudi dan menciptakan kesan bahwa penumpang bepergian melalui beberapa terowongan yang lebih kecil.
2. Terowongan Channel
Latar Belakang: Umumnya dikenal sebagai Chunnel, truktur raksasa ini menghubungkan Inggris dan Perancis. Selesai pada tahun 1994, terowongan 31-mil ini menghabiskan biaya melebihi $ 20 miliar.
Mengapa Unik : Menghubungkan Perancis dan Inggris melalui Selat Inggris adalah sebuah ide yang telah dicetuskan ratusan tahun yang lalu. "Ada usaha-usaha sebelumnya untuk membangun terowongan di sini, tapi mereka berhenti karena berbagai alasan, baik teknis dan politik," kata Hashash. setelah diketemukan teknologi modern, dan menimbang manfaat jika kedua negara dapat dihubungkan, maka dimulailah mega proyek ini. Karena panjangnya, desainer membangun terowongan lain yang lebih kecil untuk jalan melarikan diri jika terjadi kebakaran atau kecelakaan di dalam terowongan.
3. Terowongan Zion-Mount Carmel Lokasi : Zion Canyon, Utah
Latar Belakang: Pengemudi akan menemukan struktur ini di antara Gunung Sion di Taman Nasional Utah dan Bryce Canyon National Park.
![10 Terowongan Paling Unik di Dunia Terowongan Zion-Mount Carmel Lokasi](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0gSrIyKt3NwgO4ZDw7PxttsZ9MHvo-1gymRTgAuOTxJHoV76T7QKqAFPqpf3ZSpNq2XLh2SUad0tk-HbsSj6Re56J4I9FxnA4-vFwFmZqK7k2n_vQukLNPNUsf_Bc0D3IXDYg1TwdMHgT/s400/3.jpg)
4. Terowongan Smuggling Lokasi : Tijuana, Mexico
Latar Belakang : Penjahat telah menggunakan terowongan bawah tanah untuk melakukan segala macam kejahatan, termasuk perampokan bank dan penyelundupan narkoba. Selama dekade yang lalu, terowongan penyelundupan telah ditemukan di wilayah AS, berasal dari Kanada dan Meksiko.
Mengapa Unik : Pada bulan Desember, para pejabat Amerika Serikat dan Meksiko menemukan terowongan sepanjang 1000 kaki, yang mengarah ke AS, meskipun tidak selesai, terowongan ini sudah dilengkapi dengan pencahayaan, sebuah sistem ventilasi, listrik, dan bahkan lift. Sebuah pernyataan dari Drug Enforcement Agency (DEA) menunjukkan bahwa terowongan dibangun selama dua tahun.
5. Marmaray Tunnel Lokasi : Istanbul, Turki
Background: Konstruksi terowongan antarbenua ini dimulai pada tahun 2004, tetapi penemuan-penemuan arkeologi dari zaman Bizantium dan rintangan lainnya telah menunda penyelesaiannya.
![10 Terowongan Paling Unik di Dunia Marmaray Tunnel](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhfWJSwVjei0I3wp6mQXdozY7MRplxMJVgmxGu4VtFL51dEp1LPKHDf1Y6mm6VEeMHQM3G8HhThYBmfftDvFToyCPr_LXNGanutPg2bo2dF8_pJ5NvCRXdazFHh0spRSh6Oaouef9ydIZbG/s400/5.jpg)
6. Thames Tunnel Lokasi : London, Inggris
Latar Belakang: Pada pandangan pertama Terowongan Thames tidak tampak mengesankan; panjang 1.300 kaki dan kedalaman 75-kaki dan tampak pucat dibandingkan dengan terowongan lain. Tapi Terowongan Thames adalah tonggak sejarah dalam terowongan rekayasa.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEie1ePcEmSUcElpTa9wNsl6gdFXjPEC_hNmMut37pE8EfIDvUXxrQ5U7w8YYQa5iS4eWxvjEuYdRs0sBl1Py356iX-a9KboVkWITsJo0ogoDyhdxcjZ4LG0swfxZFjDswa3UF_s3ddzF7f9/s400/6.jpg)
7. Seikan Tunnel Lokasi : Honshu, Japan
Latar Belakang : Terowongan sepanjang 33,5-mil ini menghubungkan pulau Honshu dengan pulau Hokkaido. Konstruksi selesai pada tahun 1988.
![Seikan Tunnel Seikan Tunnel](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiKcJbmjTkze-_9cfQyy9wEODnvFSXkqCvKWMLqSTjkwZ1vr_euUdTCTQ_tm-mJLe1oSD6diwSnhiLT47MQQn2Kbe_9Zjcvmq79PwrxFbhlFMzxFq4P-Rp7pAY1gJzHqPgJl-VJKS7Tg0Ao/s400/7.jpg)
8. Yerba Buena Island Tunnel Lokasi : Bay Area, California
Latar Belakang : Yerba Buena Island adalah sepotong kecil tanah kosong di San Francisco Bay, antara Oakland dan San Francisco. Sebuah jembatan lima jalur di satu sisi, dengan dua jembatan gantung di sisi lain.
Mengapa Unik : Dengan diameter 76 kaki, Yerba Buena Island adalah terowongan tunggal terluas di dunia, dibuka pada bulan November 1936. Hashash berspekulasi bahwa menambahkan terowongan itu yang paling menghemat biaya dan suatu solusi memungkinkan untuk melewati pulau, daripada hanya membangun satu jembatan besar.
Latar Belakang : Tiga terowongan yang berbeda itu ditemukan merayap di bawah zona demiliterisasi Korea, salah satu perbatasan paling diperdebatkan di dunia, sepanjang tahun 1970-an. Semua tampak berasal dari Korea Utara, dan kemudian, pada tahun 1990, terowongan keempat ditemukan.
Mengapa Unik : Invasi Ketiga Terowongan, juga disebut sebagai Terowongan Ketiga dari Agresi, dimulai 26 mil dari Seoul, Korea Selatan. Rute bawah tanah Korea Utara menyediakan sarana untuk meluncurkan serangan militer besar-besaran, dan terowongan yang cukup besar untuk antar-jemput seluruh divisi militer. GlobalSecurity.org memperkirakan bahwa sebanyak 20 terowongan pengganggu di DMZ; menmbah genting hubungan antara Utara dan Korea Selatan.
Mengapa Unik : Terowongan dengan lebar 200-kaki ini besar untuk menampung kereta api, sehingga pada tahun 1906 dibangun jalur Selatan Kereta Api penumpang yang melalui struktur alam ini. Hari ini, kereta api penumpang tidak lagi digunakan, tetapi pengangkutan terus untuk mengangkut batu bara melalui terowongan secara teratur. Karena kagum terhadap struktur alam ini, William Jennings Bryan, calon presiden tahuna1896 dan Woodrow Wilson's menteri luar negeri, menyatakan itu adalah keajaiban dunia ke delapan.
0 komentar:
Post a Comment